TERIMAKASIH SUDAH MENGUNJUNGI BLOG INI

Wednesday, 1 April 2015

MATERI MATEMATIKA KELAS 7 (KTSP)

BILANGAN BULAT


Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
dapat memberikan contoh bilangan bulat;
dapat menyatakan sebuah besaran sehari-hari yang menggunakan bilangan negatif;
dapat menentukan letak bilangan bulat pada garis bilangan;
dapat menyelesaikan operasi tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat bilangan bulat termasuk operasi Campuran;
dapat menentukan sifat-sifat perkalian dan pembagian bilangan negatif dengan negatif dan positif dengan negatif;
dapat menaksir hasil perkalian dan pembagian bilangan bulat;
dapat menghitung kuadrat dan pangkat tiga serta akar kuadrat dan akar pangkat tiga bilangan bulat;
dapat menemukan dan menggunakan sifat penjumlahan, pengurangan, perkalian,pembagian, dan perpangkatan bilangan bulat untuk menyelesaikan masalah.
PECAHAN

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
dapat memberikan contoh berbagai bentuk dan jenis bilangan pecahan: biasa, campuran, desimal, persen, dan permil;
dapat mengubah bentuk pecahan ke bentuk pecahan yang lain;
dapat menyelesaikan operasi hitung tambah, kurang, kali, dan bagi bilangan pecahan;
dapat menggunakan sifat-sifat operasi hitung tambah, kurang, kali atau bagi dengan melibatkan pecahan serta mengaitkannya dalam kejadian sehari-hari.
OPERASI HITUNG BENTUK ALJABAR

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
dapat menjelaskan pengertian variabel, konstanta, faktor, suku, dan suku sejenis;
dapat melakukan operasi hitung tambah, kurang, kali, bagi, dan pangkat pada bentuk aljabar;
dapat menerapkan operasi hitung pada bentuk aljabar untuk menyelesaikan soal;
PERSAMAAN DAN PERTIDAKSAMAAN LINIER SATU VARIAEL

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
dapat mengenali persamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel;
dapat menentukan bentuk ekuivalen dari persamaan linear satu variabel dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan atau dibagi dengan bilangan yang sama;
dapat menentukan penyelesaian persamaan linear satu variabel;
dapat mengenali pertidaksamaan linear satu variabel dalam berbagai bentuk dan variabel;
dapat menentukan bentuk ekuivalen dari pertidaksamaan linear satu variabel
dengan cara kedua ruas ditambah, dikurangi, dikalikan, atau dibagi dengan bilangan yang sama;
dapat menentukan penyelesaian pertidaksamaan linear satu variabel;
dapat mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk persamaan linear satu variabel;
dapat mengubah masalah ke dalam model matematika berbentuk pertidaksamaan linear satu variabel;
dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan persamaan linear satu variabel;
dapat menyelesaikan model matematika suatu masalah yang berkaitan dengan pertidaksamaan linear satu variabel.
PERBANDINGAN DAN ARITMATIKA SOSIAL

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
dapat menghitung nilai keseluruhan, nilai per unit, dan nilai sebagian;
dapat menentukan besar dan persentase laba, rugi, harga jual, harga beli, rabat, bunga tunggal dalam kegiatan ekonomi;
dapat menjelaskan pengertian skala sebagai suatu perbandingan;
dapat menghitung faktor perbesaran dan pengecilan pada gambar berskala;
dapat memberikan contoh masalah sehari-hari yang merupakan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai);
dapat menyelesaikan soal yang melibatkan perbandingan seharga (senilai) dan berbalik harga (nilai).
HIMPUNAN

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
dapat menyatakan masalah sehari-hari dalam bentuk himpunan dan mendata anggotanya;
dapat menyebutkan anggota dan bukan anggota himpunan;
dapat menyatakan notasi himpunan;
dapat mengenal himpunan kosong dan notasinya;
dapat menentukan himpunan bagian dari suatu himpunan;
dapat menentukan banyak himpunan bagian suatu himpunan;
dapat mengenal pengertian himpunan s emesta, s erta dapat menyebutkan anggotanya;
dapat menjelaskan pengertian irisan dan gabungan dua himpunan;
dapat menjelaskan kurang ( difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya;
dapat menjelaskan komplemen dari suatu himpunan;
dapat menyajikan gabungan atau irisan dua himpunan dengan diagram Venn;
dapat menyajikan kurang (difference) suatu himpunan dari himpunan lainnya dengan diagram Venn;
dapat menyajikan komplemen suatu himpunan dengan diagram Venn;
dapat menyelesaikan masalah dengan menggunakan diagram Venn dan konsep himpunan.
GARIS DAN SUDUT

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
dapat menjelaskan kedudukan dua garis (sejajar, berimpit, berpotongan, bersilangan) melalui benda konkrit;
dapat mengenal satuan sudut yang sering digunakan;
dapat mengukur besar sudut dengan busur derajat;
dapat menjelaskan perbedaan jenis sudut (siku, lancip, tumpul);
dapat menemukan sifat sudut jika dua garis sejajar dipotong garis ketiga (garis lain);
dapat menggunakan sifat-sifat sudut dan garis untuk menyelesaikan soal;
dapat melukis sudut yang besarnya sama dengan sudut yang diketahui dengan menggunakan busur dan jangka;
dapat melukis sudut 60, 90, 30, 45, 120, dan 150;
dapat membagi sudut menjadi dua sama besar.
SEGITIGA DAN SEGIEMPAT

Tujuan pembelajaranmu pada bab ini adalah:
dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan sisi-sisinya;
dapat menjelaskan jenis-jenis segitiga berdasarkan besar sudutnya;
dapat menjelaskan pengertian jajargenjang, persegi, persegi panjang, belah ketupat, trapesium, dan layang-layang menurut sifatnya;
dapat menjelaskan sifat-sifat segi empat ditinjau dari sisi, sudut, dan diagonalnya;
dapat menurunkan rumus keliling bangun segitiga dan segi empat;
dapat menurunkan rumus luas bangun segitiga dan segi empat;
dapat menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan menghitung keliling dan luas bangun segitiga dan segi empat;